ABSTRAK

Konsep diri merupakan pandangan siswa mengenai dirinya sendiri dan motivasi
berprestasi merupakan sebuah dorongan bagi siswa untuk menjadi siswa yang berprestasi.
Seorang siswa yang memiliki konsep diri yang positif serta memiliki motivasi yang tinggi
memiliki kemungkinan besar untuk menjadi siswa berprestasi. Sehingga konsep diri dan
motivasi memberi pengaruh besar dalam prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis konsep diri dan motivasi berprestasi mengenai kontribusi dan pengaruh
terhadap prestasi siswa, serta menganalisis fungsi dan kedudukan motivasi bagi siswa di MA
Riyadlotut Thalabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pemerolehan data
dilakukan dengan wawancara. Sampel yang diambil adalah 10 siswa dari kelas XI dan kelas
XII dengan menggunakan teknik sampling Non-probability sampling yang jenisnya
Incidental sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara konsep diri dengan motivasi berprestasi siswa. Siswa dengan konsep diri
yang positif dan cenderung memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai prestasi. Selain itu
ditemukan beberapa faktor lain yang mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar siswa yaitu,
pengaruh lingkungan sekitar, support system, dan perlawanan siswa terhadap rasa malas.

Konsep Diri dan Motivasi Untuk Berprestasi Kontribusi dan Pengaruhnya pada Siswa MA Riyadlotut Thalabah Sedan