SEKILAS INFO
: - Tuesday, 05-03-2024
  • 1 bulan yang lalu / PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025 | AYO SEGERA DAFTARKAN PUTRA DAN PUTRI ANDA | PROGRAM KELAS KHUSUS MULAI 18 FEBRUARI S.D 3 APRIL 2024
  • 1 tahun yang lalu / KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023
  • 1 tahun yang lalu / Selamat dan Sukses Penerimaan Tamu Ambalan Sunan Kalijaga dan Siti Fatimah Gerakan Pramuka MA. Riyadlotut Thalabah
Peraih prestasi : Ja'far Shodiq H. & M. Yufi Anaqsana
Ja'far Shodiq H. dan M. Yufi Anaqsana Lolos Presentasi Proposal Myres 2023

Myres (Madrasah Young Researchers Super Camp) merupakan kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama RI untuk menumbuhkan budaya meneliti di kalangan siswa-siswi madrasah, sekaligus mendorong pencapaian hasil penelitian yang orisinal, kreatif, inovatif, berkualitas serta kompetitif. Myres merupakan ajang bagi siswa madrasah yang mempunyai minat bakat di bidang penulisan ilmiah untuk menuangkan ide-ide kreatif dan inovatifnya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Realitanya, banyak siswa madrasah yang memiliki kuriositi atau rasa ingin tahu yang tinggi terhadap fenomena yang ditemukan dalam kehidupan seperti gejala sosial, saintek maupun masalah keagmaan. Myres mencoba mengakomodir ide-ide kreatif dan inovatif yang genuine sehingga mampu mencetak siswa yang produktif penuh dengan ide-ide brilian.
Untuk mendukung kemampuan siswa di bidang riset maka MA Riyadlotut Tholabah Sedan memasukkan mata pelajaran riset ke dalam intrakurikuler. Pelajaran riset atau metode penelitian memainkan peran yang sangat krusial dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di dunia nyata. Melalui pelajaran riset, siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kritis, analitis, dan pemecahan masalah yang mendasar untuk menjadi individu yang terampil dan berpikiran terbuka. Selain itu membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang penting dalam mengevaluasi informasi, menganalisis data, dan membuat kesimpulan berdasarkan bukti yang ada. Siswa belajar untuk mempertanyakan asumsi, menyelidiki fakta, dan mengidentifikasi kelemahan dalam argumen. Keterampilan ini sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari serta di dunia profesional di mana kemampuan untuk membuat keputusan yang informasi-berbasis dan logis menjadi kunci keberhasilan.

setelah melakukan persiapan untuk menuju tahap presentasi proposal, alhamdulillah delegasi MA Riyadlotut Thalabah yang tergabung dalam tim Riset berhasil lolos presentasi proposal. dalam hal ini diraih oleh ja’far Shodiq hibatullah dan M. Yufi Anaqsana pada bidang Sosial dan Humaniora. peraihan prestasi ini tentunya menambah deretaan prestasi MA Riyadlotut Thalabah dalam mengembangkan program unggulannya yakni Riset, selain itu keberhasilan ini turut membawa nama baik dari Kankemenag Kabupaten Rembang.