SEKILAS INFO
: - Sunday, 14-07-2024
  • 2 bulan yang lalu / Selamat dan Sukses atas Kelulusan Peserta Didik Kelas XII MA. Riyadlotut Thalabah Sedan – Rembang – Jawa Tengah
  • 2 bulan yang lalu / Keluarga Besar MA. Riyadlotut Thalabah Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H./2024 M. Mohon Maaf Lahir dan Batin
  • 5 bulan yang lalu / PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2024/2025 | AYO SEGERA DAFTARKAN PUTRA DAN PUTRI ANDA | PROGRAM KELAS KHUSUS MULAI 18 FEBRUARI S.D 3 APRIL 2024
Peraih prestasi : Tim Riset
TIM RISET MA RIYADLOTUT THALABAH BERHASIL LOLOS DALAM AJANG OPSI TAHUN 2023

Rembang- Tim Riset MA Riyadlotut Thalabah Sedan lolos proposal penelitian dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diselenggarkan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) pada kamis (18/05).

Tim riset terdiri dari 2 kelompok yakni M. Aufal Musthafa dengan Galang Bazil Azkiya serta Himma Aflakhassyifa berpasangan dengan Arina Fithrotul Kamalia, dibawah bimbingan ibu Nurul Fitriana Dewi, S.Psi sebagai mentornya.

Aufal dan Galang dalam event ini mengangkat penelitian dengan judul “Vyse: Virtual Reality sebagai Pengenalan Sejarah Kota Pusaka Lasem bagi Generasi Z”, sedangkan Himma dan Arina mengirim proposal penelitian dengan judul “Eksistensi Kampung Wisata Batik Desa Babagan dalam Pelestarian Batik Tulis Lasem”.

“Alhamdulillah tim riset kita berhasil lolos dalam ajang OPSI tahun 2023, peserta didik yang mengikuti kompetisi tersebut merupakan siswa kelas X, jadi bimbingan yang dilakukan menjadi lebih intensif dan komprehensif terutama kaitannya dengan conceptual framework dalam menulis penelitian” Ujar Nurul.

Selain itu Nurul juga mengatakan bahwa tim harus melakukan pendalaman dan pembahasan terkait permasalahan yang diangkat sehingga peserta didik dapat memahami urgensi dari dilakukanny peneliian tersebut, yakni memberikan pengetahuan baru untuk masyarakat dalam mempelajari sejarah dan kearifan lokal yang dimiliki kota Pusaka Lasem.

Untuk mempersiapkan masuk ke tahapan selanjutnya, kedua tim melakukan pengambilan dan analisis data untuk kemudian disubmit pada tahap Full Paper.

“persiapan yang kami lakukan yaitu dengan mewawancarai narasumber dan melakukan analisis data untuk menjawab rumusan masalah, terutama untuk salah satu tim yang harus membuat media berbasis virtual reality terlebih dahulu” pungkas Nurul.