SEKILAS INFO
: - Thursday, 11-08-2022
  • 1 minggu yang lalu / Selamat dan Sukses Penerimaan Tamu Ambalan Sunan Kalijaga dan Siti Fatimah Gerakan Pramuka MA. Riyadlotut Thalabah
  • 1 bulan yang lalu / PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2022/2023 TINGGAL 3 HARI LAGI| AYO SEGERA DAFTARKAN PUTRA DAN PUTRI ANDA | SAMPAI 18 JUNI 2022
  • 1 bulan yang lalu / SELAMAT DAN SUKSES ALDI PUTRA ILHAM SYAH | LOLOS KSN TINGKAT KABUPATEN/KOTA| MAJU TINGKAT PROVINSI

Sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan dalam rangka untuk memenuhi delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Pemenuhan dan penjaminan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab bersama pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dan satuan pendidikan. Penjaminan mutu pendidikan pada satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya perubahan budaya mutu pada seluruh warga di madrasah/madrasah.

Sejak tahun 2005 pemerintah telah memberikan Bantuan Operasional Madrasah (BOS) kepada seluruh madrasah, baik madrasah negeri maupun swasta. Biaya satuan BOS per siswa yang diterima oleh madrasah semakin meningkat dengan tujuan agar mutu pendidikan semakin baik. Selain dana BOS banyak madrasah masih menerima sumbangan dana dari orang tua siswa atau sumber lain secara sukarela. Keberhasilan penggunaan dana yang dikelola oleh madrasah sangat tergantung bagaimana madrasah menyusun perencanaan dan menggunakan secara efisien dan tepat guna.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Melalui EDM, madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan dan pemanfaatan EDM ini diperlukan kebersamaan dan kemauan kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, komite madrasah, siswa dan orang tua siswa untuk bersedia membuka diri atas kekurangan yang masih ada di madrasah. Semangat kebersamaan seluruh warga sekolah untuk mau mengeevaluasi diri demi kemajuan bersama adalah kunci dari manfaat EDM ini.

Testimoni ini dalam rangka pertemuan virtual dengan Kementerian Agama Republik Indonesia, yang dilaksanakan secara daring.

SebelumnyaMA. RIYADL BERSHOLAWAT MENGGAPAI SYAFAAT TAHUN 2021 SetelahnyaWISUDA KE-XVIII MA. RIYADLOTUT THALABAH SEDAN-REMBANG