Berkompetisi Mendulang Prestasi di Myres

Myres (Madrasah Young Researchers Super Camp) merupakan kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama RI untuk menumbuhkan budaya meneliti di kalangan siswa-siswi madrasah, sekaligus mendorong pencapaian hasil penelitian yang orisinal, kreatif, inovatif, berkualitas serta kompetitif. Myres merupakan ajang bagi siswa madrasah yang mempunyai minat bakat di bidang penulisan ilmiah untuk menuangkan ide-ide kreatif dan inovatifnya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Realitanya, banyak siswa madrasah yang memiliki kuriositi atau rasa ingin tahu yang tinggi terhadap fenomena yang ditemukan dalam kehidupan seperti gejala sosial, saintek maupun masalah keagmaan. Myres mencoba mengakomodir ide-ide kreatif dan inovatif yang genuine sehingga mampu mencetak siswa yang produktif penuh dengan ide-ide brilian.
Untuk mendukung kemampuan siswa di bidang riset maka MA Riyadlotut Tholabah Sedan memasukkan mata pelajaran riset ke dalam intrakurikuler. Pelajaran riset atau metode penelitian memainkan peran yang sangat krusial dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di dunia nyata. Melalui pelajaran riset, siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kritis, analitis, dan pemecahan masalah yang mendasar untuk menjadi individu yang terampil dan berpikiran terbuka. Selain itu membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang penting dalam mengevaluasi informasi, menganalisis data, dan membuat kesimpulan berdasarkan bukti yang ada. Siswa belajar untuk mempertanyakan asumsi, menyelidiki fakta, dan mengidentifikasi kelemahan dalam argumen. Keterampilan ini sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari serta di dunia profesional di mana kemampuan untuk membuat keputusan yang informasi-berbasis dan logis menjadi kunci keberhasilan.
Upaya yang telah dilakukan oleh pihak madrasah tidak sia-sia karena usaha tidak akan menghianati hasil. Alhamdulillah, ada tiga proposal penelitian siswa berhasil lolos seleksi proposal Myres tingkat nasioal yang terdiri dari satu kategori MST dan dua kategori soshum. Selanjutnya peserta Myres yang dinyatakan lolos proposal diminta untuk mempresentasikan proposalnya di depan tim juri. Semoga doa, dorongan dan dukungan dari semua pihak dapat mensupport untuk terus berjuang melaju sampai babak final, Amiin.